Jumat, 16 September 2016

A. Tahapan Umum Proyek

1. Konsep dan Prakarsa Proyek.
Ide / konsep atas sebuah proyek ditelaah apakah akan menguntungkan / tidak. Pada tahapan ini tim pengambil keputusan akan melihat apakah proyek secara realistis dapat diselesaikan.

2. Perencanaan dan Disain Proyek
Sebuah rencana proyek, atau cakupan proyek dapat dituangkan tertulis dan pekerjaan yang akan dilakukan diuraikan. Pada tahapan ini tim harus berfokus pada proyek, mengkalkulasikan anggaran dan jadwal kerja, serta menentukan sumber daya apa saja yang diperlukan.

3. Pelaksanaan Proyek
Penggunaan sumber daya dimulai dan pelaksana melakukan pekerjaan berdasarkan tanggung jawabnya. Informasi yang terkait dengan proyek mulai dicanangkan.

4. Kontrol dan Monitoring Proyek. 
Manajer proyek membandingkan status perencanaan dengan pelaksanaan aktual, sebagaimana sumber daya digunakan dalam pekerjaan yang telah dijadwalkan. Pada tahapan ini, manajer proyek dapat saja menyesuaikan jadwal atau melakukan hal yang diperlukan untuk membuat proyek agar sesuai dengan rencana.

5. Penyelesaian Proyek
Setelah pekerjaan proyek diselesaikan dan pengguna telah setuju dengan hasilnya, evaluasi perlu dilakukan untuk melihat keberhasilan proyek dan sebagai bahan telaah berdasarkan pengalaman.

Setiap proyek maupun proses pelaksanaan proyek adalah berbeda antara satu dengan lainnya. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar